Mobil balap bukanlah kendaraan biasa. Mereka adalah
mahakarya yang dirancang untuk melakukan hanya satu hal,yaitu untuk
menang. Kinerja mereka dimaksimalkan melalui perkembangan teknologi dan
puluhan tahun pengalaman dalam riset.
Kalibrasi dilakukan sedekimian detail untuk memastikan gabungan dari berbagai bagian mereka untuk mencapai kesempurnaan. Meskipun alasan utama penciptaan mereka adalah untuk memenangkan perlombaan, mereka kadang-kadang begitu indah kalau hanya dipandang sebagai kendaraan semata, terlepas dari keberadaan mereka sebagai mesin yang menakjubkan.
Kalibrasi dilakukan sedekimian detail untuk memastikan gabungan dari berbagai bagian mereka untuk mencapai kesempurnaan. Meskipun alasan utama penciptaan mereka adalah untuk memenangkan perlombaan, mereka kadang-kadang begitu indah kalau hanya dipandang sebagai kendaraan semata, terlepas dari keberadaan mereka sebagai mesin yang menakjubkan.
Jika dilihat oleh mata yang tak terlatih, kecerdikan teknis mereka tidak akan dipertimbangkan, di atas keberadaan atas penampilan glamor mereka. Kebanyakan mobil yang akan ditampilkan disini adalah mobil klasik, muscle car dan mobil kelas atas dalam balap internasional.
Penilaian berdasarkan bentuk, konsep, keindahan, dan kejayaan mobil tersebut dalam dunia balap atau dari jumlah terbanyak memenangkan kejuaraan diseluruh dunia, jadi bukan berdasarkan kemahalan, bentuk yang futuristis, atau merek mobilnya.
1. Ferrari 250 Testa Rossa (1957)
Mobil ini dianggap sebagai salah satu yang paling menakjubkan di antara
daftar Ferrari. Hanya 22 mobil dibuat antara tahun 1957 dan 1958.
Masih akan menelan biaya total 5 juta dolar jika satu dari mobil ini
dibeli hari ini.
2. Ferrari 330 P3 (1966)
Ferrari
330 P3 dianggap sebagai mobil Ferrari yang paling indah yang pernah
dibuat. Hal ini juga membawa teknologi injeksi bahan bakar menjadi
model utama di Ferrari.
3. Ford GT40 MK II (1968)
Di
kejuaraan, LeMans hanya melihat satu mobil dalam sejarah yang diuji
kehebatannya selama 2 kali. Ford GT40 MK II adalah kuda emas yang
diciptakan untuk mencetak kemenangan pada tahun 1968 dan 1969.
4. Marcedes Benz CLK GTR (1997)
Mercedes
AMG membuat mahakarya ini untuk balapan di FIA GT Championship pada
tahun 1977. Mercedes juga membangun beberapa model untuk penggunaan
jalan umum meskipun mereka ternyata menjadi pemenang balap jalanan.
5. Bentley Speed (2003)
Dibuat
untuk satu tujuan, yaitu untuk memenangkan Balap 24 jam LeMans.
Setelah 73 tahun Bentley ini ditunggu, Speed dibuat kembali dan datang
dengan gebrakan yang hebat. Meskipun harus menunggu selama 2 tahun untuk
menguji kehebatannya, Speed masih berdiri menjadi no.2 di daftar mobil
balap terhebat.
6. Aston Martin DBRS9 (2005)
Kuda
besi yang satu ini dibangun untuk bersaing di FIA GT Championship dan
kejuaraan 24 jam LeMans. DBRS9 mempunyai kembaran yang dibangun sebagai
sebuah model lebih murah
No comments:
Post a Comment